Friday, January 3, 2014

Teknis Ga Mudeng, Kreasi Minim

Beberapa hari yang lalu saya terlibat percakapan singkat dengan salah seorang dosen dari sebuah Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Percakapan yang berujung pada sebuah keprihatinan, karena menunjukkan masih minimnya daya kreasi dan inovasi kampus akibat belum maksimalnya adopsi inovasi teknologi informasi di kampus.

Betapa tidak, seorang dosen komunikasi, yang entah berkata jujur atau sekedar bercanda menyatakan "la kuwi teknis mboten mudeng kreasi minim". Yang membuat geleng-geleng kepala juga adalah karena dosen tersebut bukan semata dosen biasa, tetapi dosen yang juga adalah pembantu rektor, yang juga lulusan doktor dari perguruan tinggi negeri ternama di Zurabaiah.

Mengapa seorang doktor, yang merupakan populasi langka di Endonesiah, memiliki pemikiran seperti itu? Mengapa mereka tidak membangun optimisme di Perguruan Tinggi, bahwa Kita Pasti Bisa, karena Endonesiah adalah negara besar yang berpenduduk besar, berjiwa besar, dan berpotensi besar pula, sehingga akan memiliki daya juang, daya kreasi, dan daya inovasi yang tinggi, dan ... daya saing global ....

No comments:

Post a Comment