Tuesday, January 7, 2014

Penerima Beasiswa Jalur Prestasi ...

"O saya masuknya lewat jalur prestasi, jadi dapet beasiswa," jawabnya dengan bangga.
"Lo, mengapa tidak kamu kerjain sendiri tugasnya?" tanya sang Joki TA yang juga menyebut diri sebagai konsultan eksternal.
"La wong kepepet," jawabnya agak sedikit malu.
"Oke, dalam Bahasa Inggris langsung ya, dan Besok siang bisa kamu terima. Tetapi sekarang kamu kasih DP 50% dan besok sambil ambil tugasnya kamu lakukan pelunasannya," jelas sang Joki.
"Siip lah,"

Dan sim sala bim ....
Bukan laa... ini bukan sulap. tetapi pengerjaan karya ilmiah. La wong metode penelitian kok. Semacam proposal penelitian gitu. Ya ada latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, lingkup penelitian, manfaat penelitian, sistematika penulisan, literature review, desain studi, teknik analisis ... nggak mudah lo. Semua kalimat yang disusun tidak boleh bersifat argumentatif, tetapi harus logis, obyektif dan tertulis secara sistematis dengan format penulisan yang konsisten, apakah itu APA, MLA, atau apa pun saja. Apalagi harus pakai bahasanya si Kate Middleton. Referensinya juga harus Jurnal Internasional Published lo ....

Tetapi, keesokan pagi ...
"Oke, silahkan datang ke kantor. Kamu bisa ambil tugas Metpen mu," BB si Joki menjawab sang Mahasiswa yang menanyakan jam berapa tugas tersebut bisa diambil.
Wah, bener-bener ya ....
Dan, saat sang mahasiswa tiba, tugas proposal penelitian tersebut telah lengkap, mulai dari judul, sampai referensi. Jurnal pendukung pun siap untuk dibaca.
Langsung dalam Bahasa Inggris, sehingga sang Mahasiswa tidak perlu menerjemahkannya ....
Pelunasan pundilakukan, dna file diberikan. Lengkap. Sang Mahasiswa puas dan sang Joki pun tersenyum senang ....

No comments:

Post a Comment