Sunday, December 29, 2013

Diberi Waktu Tiga Bulan

Dontyagos Parogapalos merasa tertekan dengan keadaannya sekarang. Lajang berusia 28 tahunan itu merasa gundah. Waktu yang dijanjikannya kepada perusahaan sudah mau habis. Tinggal tiga bulan lagi. Jika tidak, bulan ketiga dia harus sudah berangkat ke Bataviah, Ibukota Endonesiah, untuk pindah tugas di sana. Jika demikian, maka gelar Magister Tekniknya di Institut Teknologi Negeri yang terkenal di Zurabaiah sudah tidak bisa diambil lagi.

Solusinya?
Dontyagos lalu mencari konsultan eksternal untuk membantunya menyelesaikan masalah tesisnya. Setelah bertemu, maka Dontyagos lalu menceritakan kondisinya. Dontyagos bersedia membayar lebih mahal dengan syarat mendapatkan fasilitas khusus.
It’s Ok, bagi para Joki yang telah berpengalaman, mengerjakan tesis seperti membuat cerpen picisan yang bisa diselesaikan dalam hitungan hari.
Finally, Dontyagos pun membayar dengan harga lebih mahal. Dan dengan lancar, dia menceritakan tema yang ingin diangkat, permasalahan terkait obyek penelitian, dan tema-tema yang masih laku di kampusnya.

Bagian perjokian mengolah informasi yang diperoleh dari Dontyagos. Walhasil, dengan tema yang lumayan baru dengan mengambil obyek penelitian ini tempat kerja Dontyagos, sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, dan bahkan merupakan leader di sektornya, maka judul dan bagan alur konsep segera dibawa ke dobing (dosen pembimbing). 
Dan ... dengan berjingkrak-jingkrak, Dontyagos menyampaikan kabar gembira tersebut kepada sang joki. Dan .... simsalabim ... Dontyagos pun berhasil lulus dengan nilai B+ hanya dengan jarak waktu pengerjaan tiga bulan. 

Masalah data?
Ah, gampang, Joki sudah piawai merekayasa data dan mengolahnya. Membuat yang tidak valid menjadi valid, membuat yang tidak normal menjadi normal, dan ragam reka-reka lainnya. Intinya, yang penting jadi. 

Ngibulin dong? 
Sudah tradisi juga kaleee ... Dosennya pasti juga suka ngibulin, makanya akhirnya dikadalin sama mahasiswanya. Perguruan tingginya? Sama saja, pasti juga kadal .... Kalau mereka bukan kadal, pasti akan sulit dikadalin sama dosen dan mahasiswanya ....

No comments:

Post a Comment